TfM5Tfd8Tfz8BSW0GUC9TUW0BY==

Di 2023 Kinerja Bank Muamalat Kian Moncer

 


Kata Jakarta |  Tahun lalu, Indra Falatehan dipercaya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk memimpin Bank Muamalat yang saat itu sedang recovery. Setahun terakhir, kinerja keuangan Bank Muamalat tumbuh positif. Pada kuartal ketiga 2023, pembiayaan bank ini tumbuh 22,4 persen menjadi Rp21,7 triliun.

Kualitas pembiayaan bank yang sedang didekati Bank Tabungan Negara (BTN) ini juga tercatat positif. Non performing financing (NPF) net-nya turun dari 0,65 persen per 30 September 2022 menjadi 0,43 persen pada akhir September 2023.

Laba bank syariah pertama di Indonesia ini pun tumbuh 65,6 persen menjadi Rp52,36 miliar. Dari perolehan laba ini, Indra mengaku telah menghasilkan profit untuk BPKH atas investasi Rp3 triliun yang diberikan tahun lalu.

Di bawah kepemimpinan Indra, Bank Muamalat ke depan akan fokus menggenjot pembiayaan dan refocusing bisnis ke segmen ritel. Di samping itu, sebagai bagian dari BPKH, Bank Muamalat akan fokus menggarap ekosistem haji.

“Alhamdulillah, tahun ini dari sisi indikator keuangan, pembiayaan bank sudah naik. Margin income atau pendapatan dari pembiayaan, aset produktif kami, sudah naik. Kemudian, memang kami masih terkena hit dengan cost of fund karena DPK naik juga. Sehingga mau tidak mau harus diimbangin dari sisi pembiayaannya. Tapi dari sisi biaya dana, ikut naik karena BI 7-Day Reverse Repo Rate trennya naik. Di lain sisi, hal ini akan menekan net interest margin (NIM) kami. Tapi, cost of fund Bank Muamalat dibandingkan dengan bank pesaing relatif aman. Ke depan, kami akan lebih agresif menggenjot pembiayaan,” ungkap Indra Falatehan dikutip Infobanknews.com. (dz)

Comments0

Type above and press Enter to search.